Friday, August 26, 2011

Formula, Grafik dan Format data

Di posting belajar microsoft excel telah di jelaskan bagaimana memasukan data dan sekarang kita akan mulai mempelajari Formula- formula yang ada di gunakan EXCEL. Dan itu digunakan untuk membantu mempermudah kita dalam membuat data yang menyangkut angka . Secara umum ada 9 kategori fungsi di dalam excel ,yaitu: Financial, tanggal dan waktu, matematika, statiska , lookup dan refence, database, logika, text dan informasi.
Mohon maaf karena mungkin saya tidak akan membahas semua. Tetapi jika ada waktu nanti akan di reposting. Setiap fungsi secara umum memiliki 2 bagian yaitu : perintah fungsi dan argumen.
¤ Fungsi finansial.
Fungsi finansial merupakan fungsi yang berkaitan dengan fungsi keuangan , ekonomi, dan akuntasi. Jika kita akan mencari nilai penyusutan barang dan dihitung secara manual ,akan membuat pekerjaan kita menjadi rumit dan tidak efisien. Akan tetapi dengan menggunakan fungsi finansial, pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Fungsi finansial terdiri dari 16 subfungsi yang mempunyai tugas masing-masing. Untuk dapat menampilkannya di layar, berikut caranya:.
1. Aktifkan worksheet excel.
2. Klik menu insert.
3. Klik Function, maka akan muncul dialog function.
Untuk masing fungsi ,saya belum bisa menjelaskan tunggu saja posting berikutnya nanti tentang Function.
¤ Fungsi matematika.
Fungsi ini berkaitan dengan matematika. Oleh karena matematika merupakan ilmu dasar bagi ilmu lain, maka fungsi matematika juga biasa digunakan di dalam bidang lain. Pada fungsi matematika , ada 50 fungsi yang disediakan. Fungsi yang sering digunakan antara lain SUM, fungsi sudut(SIN, COS, TAN), fungsi MOD, SQRT, dan INT.
a. Fungsi SUM.
Fungsi SUM merupakan fungsi penjumlahan. Sintak dan argumen =SUM(number1;number2;. .;number-n). Jika anda menggunakan range maka caranya ialah =SUM(sel_awal;sel_akhir). Pada fungsi terkadang menggunakan tanda pemisah ";" atau ":" tergantung dari format yang digunakan.
b. Fungsi sudut.
Fungsi sudut, merupakan fungsi yang digunakan untuk mencari nilai dari radian atau sudut. Secara umum sintak dan argumen ialah =fungsi_sudut(besar_sudut).
c. Fungsi MOD.
Fungsi MOD, merupakan fungsi untuk mencari sisa pembagian. Sintak dan argumennya ialah =MOD(nilai;pembagi).
d. Fungsi SQRT.
Fungsi SQRT, merupakan fungsi untuk mencari nilai akar. Sintak dan argumennya ialah =SQRT(nilai).
e. Fungsi INT.
Fungsi INT, untuk mengabaikan nilai desimal pada suatu bilangan. Sintak dan argumennya ialah =INT(nilai).
Fungsi statistik.
Fungsi statistik berkaitan dengan pengolahan data. Fungsi ini terdiri dari beberapa fungsi antara lain: AVERAGE, COUNT, COUNTIF, MAX, MIN, RANK, VAR, STDEV, dan sebagainya. Untuk menggunakan fungsi ini tidak terlalu sulit, asal tahu sintak dan argumennya.
a. AVERAGE, fungsi yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata. Sintak dan argumennya ialah =AVERAGE(range).
b. MAX, fungsi mencari nilai maxsimum. Sintak dan argumen =MAX(range). Sedangkan MIN, untuk mencari nilai minimum . Argumennya sama seperti MAX, akan tetapi sintaknya diganti MIN.
c. RANK, fungsi untuk mencari suatu ranking dari data. Sintak dan argumennya ialah =rank(nilai_yang_diranking;range nilai).
d. COUNT, untuk menghitung berapa banyak data yang ada. Rumusnya =count(ramge).
e. COUNTIF, untuk menghitung data dengan syarat. Rumusnya =countif(range,"syarat").
¤ Fungsi text.
Fungsi text merupakan fungsi yang berkaitan dengan manipulasi teks, seperti menampilkan teks, memotong dan sebagainya. Fungsi text yang sering digunakan, seperti LEFT, MID, RIGHT, UPPER, VALUE.
1. LEFT, merupakan fungsi yang digunakan untuk mengambil teks dari arah kiri. Fungsi ini memiliki sintak dan argumen =LEFT(teks,jumlah_karakter). Teks dapat diganti dengan alamat sel.
2. MID, merupakan fungsi untuk mengambil teks dari tengah, mempunyai sintak dan argumen =MID(teks,mulai,jumlah_karakter).
3. RIGHT, merupakan fungsi untuk mengambil teks dari kanan, mempunyai sintak dan argumen =RIGHT(teks,jumlah_karakter).
4. Upper, untuk membuat teks menjadi huruf besar ,mempunyai sintak =UPPER(teks).
5. VALUE, untuk membuat teks menjadi angka, rumusnya =VALUE(teks).
¤ Fungsi logika.
Fungsi logika adalah fungsi untuk mengecek nilai benar dan salah, "true or false". Fungsi ini terdiri dari: IF, OR, AND, NOT, FALSE, dan TRUE.
Fungsi IF, untuk menyatakan prasyarat. Rumusnya =IF(syarat_logika,jawaban_benar,jawaban_salah). Jika syarat yang ditentukan memenuhi, maka akan menampilkam jawaban_benar. Namun jika sebaliknya, maka akan menampilkan jawaban_salah..
Untuk lebih lanjut mempelajari tentang logika nantikan posting selanjutnya

0 komentar:

Post a Comment